Gowes pakai Gir berat atau Ringan?

Waktu saya pertama kali main sepeda gunung (mtb), saya masih awam sekali, yang saya ngerti itu cuma gowes dan gowes, hahaha. Awalnya saya main mtb di jalan raya terus, ga pernah bermain dimedan off road, wuuuuussss..... wuuuuuussssss... uda suka ngebut, hehehe. Karena saya uda merasa kuat saya coba main off road. Waduuuuhhh, ga seenteng yang dikira, ternyata berat banget! Baru pertama kali main off road langsung kunang – kunang deh, hehehe. Setelah itu saya dikasih tau temen yang juga senior kalo mau main off road harus perbanyak main power. Power? Apa itu? Ternyata power itu maksudnya gowes pakai gear berat. Wah terus kalo ada tanjakan gimana dong? Tetep aja harus pake gear berat, biar stamina gak cepet habis. Pas dicoba pakai gear berat, waduuuhh, langsung menggap – menggap kayak ikan kehabisan air. Terus dia bilang “Awalnya memang begitu, nanti kalo uda terbiasa jadi enteng”. Karena dari awal saya bermain sepeda udah terbiasa dengan menggunakan gear ringan, jadinya saya perlu beradaptasi. Saya coba latihan beberapa bulan dengan gear berat dan ternyata bener, melewati tanjakan pakai gear berat enak juga, ga kerasa berat, tenaga juga ga cepet habis, hehehe. Karena keasyikan gowes pakai gear berat saya coba praktekkan di jalanan. Enak ternyata, gak cepet capek, hehehe. Karena sekarang sudah terbiasa pakai gear berat, saya coba bermain akselarasi waktu ada diperempatan lampu merah. Lampu merah masih menyala, setelah itu terdengar suara deru mesin dari belakang. Ternyata suara deru mesin itu datang dari mobil panter yang ngebut dan berhenti tepat disebelah saya. Wah, kesempatan nih adu sepeda lawan mobil, hehehe. Begitu lampu hijau langsung start berbarengan, 200 meter pertama saya memimpin, setelah itu saya diselip, wuuuuzzzzzzzzz. Wah, masih kalah ternyata, hahaha. Jadi kalau menurut saya gowes pakai gear berat lebih enak daripada pakai gear ringan.

0 komentar:

Copyright © 2013 My Idea and Blogger Templates - Anime OST.