16 Langkah Aman Berselancar di Dunia Maya

Berinternet berarti berjalan di dunia yang sangat luas. Banyak hal ada disana, termasuk hal hal yang membahayakan. Bagaimana cara kita agar aman dari bahaya yang mengancam. Berikut tips yang saya kutip dari tabloid komputer PCPlus untuk para pembaca sekalian.

Seputar Informasi Pribadi

1. Jangan pernah sembarangan mengisikan informasi pribadi pada situs-situs web yang tidak dikenal. Sudah banyak yang menjadi korban yang berhubungan dengan penyalahgunaan data pribadi yang sudah terlanjur “diobral” oleh sang pemilik.

2. Masih berhubungan dengan No. 1 jangan pernah sembarang mengisi nama pengguna dan password sebelum anda memastikan bahwa ada tanda “gembok” dibagian bawah browser (atau dibagian lain, tergantung dari jenis browsernya). Tanda ini memastikan bahwa situs tu memang situs yang benar-benar kita tuju dan memiliki keamanan yang baik. Pastikan juga bahwa alamat situs tersebut dimulai dengan “https://”. Huruf “s” di situ artinya “secure” atau aman.

3. Jangan menggunakan satu password untuk semua kehidupan Anda di dunia maya. Jika ada satu orang yang mengetahui password tersebut, dia akan bisa mengakses semua kehidupan Anda di dunia maya. Karena itu jangan pernah memberitahu password Anda pada siapapun.

4. Untuk meningkatkan keamanan, gunakan password kombinasi dari huruf dan angka yang terdiri dari minimal 6 karakter. Gunakan aplikasi pembuat password untuk membuat password yang aman. Pakai juga aplikasi pengelola password untuk mengingat berbagai kombinasi tersebut. Solusi yang murah adalah dengan membuat password dari frasa (atau kalimat) yang mudah diingat dan menggantinya dengan huruf, contohnya “rumah si Edi” menjadi “rum4h513d1”.

Seputar Pengunduhan dan aplikasi

5. Jangan pernah langsung menginstal dan membuka aplikasi di internet. Anda tidak tah apa isi dari isi aplikasi tersebut. Cara yang lebih aman adalah dengan terlebih dahulu mengunduhnya he hard disk komputer Anda, lalu memeriksa keamanan aplikasi tersebut dengan antivirus yang Anda percayai. Setelah Anda betul-betul yakin bahwa aplikasi tersebut memang betul aman, barulah buka dan install aplikasi tersebut,

6. Jangan pernah lupa untuk mengupdate sistem operasi Anda, dan semua aplikasi keamanan lainnya seperti antivirus, firewall dan antispyware. Lakukan juga pengecekan sistem secara rutin, dan sesering mungkin, aktifkan firewall dan berbagai antivirus yang ada.

7. Jika Anda mengamati adanya sesuatu yang mencurigakan, seperti jendela pop-up yang terus menerus muncul, melambatnya kinerja system dengan ekstrem, aktivitas boot yang mendadak dan berulang-ulang, munculnya pesan-pesan dan peringatan yang aneh, langsung saja hentikan kegiatan Anda, cabut koneksinya dan lakukan pengecekan system.

Seputar Browser dan browsing

8. Hindari juga segala jenis jendela pop-up. Jangan pernah mengklik di jendela pop-up yang muncul dalam halaman situs web terpercaya. Anda harus berhati-hati menutup jendela pop-up yang muncul dalam halaman situs web. Jangan tutup via link yang ada di dalam jendela pop-up. Soalnya, link itu memang menutupi jendela pop-up, tapi bisa saja sekaligus melakukan banyak hal bauruk. Amannya, klik tanda silang di pojok kanan atas untuk menutup jendela tersebut.

9. Jangan pernah mengunjungi situs-situs web yang tidak Anda kenal. Anda bisa mengecek keamanan sebuah situs dengan menggunakan Google. Selidikilah apakah situs web tersebut resmi dan memiliki malware.

10. Gunakan browser yang aman. Saat ini, semua browser terkenal (IE, Firefox, Opera, Safari) sudah memiliki tingkat pengamanan yang tinggi. Untuk para pengguna Firefox yang memiliki rasa takut yang berlebihan, Anda bisa menambahkan berbagai macam add-on pengaman.

11. Gunakan OpenDNS (http://www.opendns.com/) dan atau layanan sejenis untuk menyaring untuk menyaring berbagai konten yang masuk ke konten Anda. OpenDNS juga akan menutup akses ke situs-situs berbahaya.

Seputar Email

12. Jangan pernah sembarangan mengklik link yang tercantum dalam email, apalagi kalau pengirimnya tidak dikenal. Apabila pengirimnya tidak kenal. Apabila pengirimnya kita kenal pun lebih baik kita tanya dulu. Tanyakan, “Wahai kawanku, apa isi link yang engkau berikan? Apa benar engkau yang mengirimkan link itu?”. Saat ini hampir tidak mungkin membendung email SPAM yang berisi berbagai macam materi sampah mulai dari iklan sampai penipuan. Satu-satunya yang bisa lakukan adalah dengan tidak membuka email tersebut, apalagi mengklik link yang didalamnya.

13. Jangan pernah langsung membuka lampiran dari e-mail meskipun e-mail tersebut Anda terima dari Anda kenal. Banyak virus yang mampu mengendalikan diri dan mengirimkannya salinnanya lewat e-mail tanpa sepengetahuan sang pemilik email. Cara yang lebih adalah dengan terlebih dahulu menyimpan lampiran tersebut ke hard disk lali memindainya dengan antivirus. Jika memang aman, silakan buka lampiran tersebut.

14. Cobalah untuk mengubah format email yang Anda terima menjadi teks murni bukan format HTML. Memang wajah pesan-pesan menjadi kurang cantik, tetapi keamanan Anda lebih terjamin.

Seputar Hal-Hal Lainnya

15. Internet juga merupakan sumber yang terbaik. Karena itu jangan berhenti disini, tetapi cari tahu lebih banyak mengenai cara-cara untuk mengamanakan kegiatan berinternet Anda di dunia maya. Salah satu sumber yang cukup baik untuk dijadikan refrensi adalah SafeSurfingKids http://www.safedurfingkids.com yang membahas mengenai cara-cara browsing yang aman unutk anak-anak.

16. Sebagai langkah terakhir, jika Anda memang sangat memperhatikan keamanan dan tidak bisa menolerir virus sama sekali, kenapa tidak mengganti saja sekalian sistem operasi komputer Anda dengan sistem operasi yang tidak jadi sasaran malware.

sumber : http://fitridefi.wordpress.com/2009/10/04/16-langkah-aman-berselancar-di-dunia-maya/

0 komentar:

Copyright © 2013 My Idea and Blogger Templates - Anime OST.