Shimano VS SRAM

Bingung mau menggunakan komponen Shimano atau SRAM? Tenang saja saya akan berbagi sedikit info mengenai produk komponen sepeda ini. Bukannya bermaksud untuk menjelek - jelekan maupun mengunggulkan, tapi saya hanya berbagi info saja, gak ada maksud lain.

Sedikit tentang Shimano
Shimano, Inc adalah produsen multinasional Jepang dengan komponen bersepeda, memancing, dan peralatan dayung. Berkantor pusat di Sakai, Jepang, perusahaan ini memiliki 32 anak perusahaan yang dikonsolidasi dan 11 anak perusahaan yang tidak dikonsolidasi. Pabrikan utamanya bermanufaktur di Kunshan, Cina, Malaysia, dan Singapura. Sedangkan penjualan perusahaan di Eropa (41% dari jumlah penjualan) dan Amerika Utara (17%). (Wikipedia)

Sedikit tentang SRAM
SRAM Corporation adalah produsen komponen sepeda yang berbasis di Chicago, Illinois. Didirikan pada tahun 1987. SRAM adalah singkatan yang terdiri dari nama pendirinya, Scott, Ray, dan Sam, (di mana Ray adalah nama tengah pimpinan perusahaan Stan Day). Pada tahun 2008, perusahaan menerima investasi strategis dari Lehman Brothers Merchant Banking, lengan ekuitas swasta Lehman Brothers. (Wikipedia)

Kelebihan Shimano
Kalau menurut saya kelebihan atau keunggulan komponen Shimano adalah harga komponen yang relatif lebih murah, mudah didapatkan karena stok banyak, setelan FD lebih tahan banting (ga gampang slek di setelan H/L), perpindahan gear lebih halus dan part dapat dijual terpisah (bisa ngecer).

Kekurangan Shimano
Dibalik kelebihan pasti ada kekurangannya. Menurut saya kekurangan komponen Shimano adalah membutuhkan pemasangan dan penyetelan yang lebih presisi, komponen lebih cepat kotor, baut penjepit kabel shifter rawan slek/dol, shifter kurang responsif, dan setelan rd atau fd gampang berubah apalagi kalau habis jatuh, hehehe.

Kelebihan SRAM
Menurut saya kelebihan SRAM adalah pemasangan dan penyetelan komponen yang lebih mudah, lebih tahan kotor, RD lebih kuat, komponen lebih awet, setelan RD maupun FD gak gampang berubah, dan shifter lebih agresif dan responsif

Kekurangan SRAM
Sedangkan untuk kekurangan SRAM adalah harganya SeRAM, perpindahan gear kasar, kurang cocok dipakai off road, setelan H/L di FD kurang kuat, stok sedikit karena mahal.

Jadi keputusan sekarang ada pada teman - teman mau menggunakan komponen Shimano atau SRAM, yang penting gowes jalan terus . . .

1 komentar:

  1. justru kalo kata gw sram lebih cocok di medan offroad yg rada extreme karena lebih kuat. kalo offroadnya santai kaya XC biasa emang kurang cocok karena sedikit kasar

    BalasHapus

Copyright © 2013 My Idea and Blogger Templates - Anime OST.