Tool Wajib Bawa Ketika Bersepeda Lewat Jalur Offroad

Sebelum berangkat bersepeda alangkah baiknya kita memeriksa kondisi sepeda kita, apakah masih layak untuk melewati medan offroad atau tidak. Jika belum sebaiknya kita men-servis-nya terlebih dahulu supaya tidak terjadi trouble ditengah jalan. Namun jika sudah layak jangan senang dahulu, tentunya kita tidak menginginkan hal yang tidak – tidak terjadi pada kita ketika ditengah jalan nanti. Pernah saya mengalami ban bocor dan rantai putus. Alangkah baiknya bila kita membawa tool yang penting namun kebanyakan orang enggan membawanya. Berikut ini beberapa tool yang wajib dibawa ketika kita hendak hendak bersepeda melewati jalur offroad :
1. Ban Dalam
Memang kedengarannya sepele, namun ban dalam sangat bermanfaat ketika kita mengalami ban bocor sewaktu kita berada di tengah hutan, tentunya ditengah hutan tidak ada tukang tambal ban.
2. Congkelan Ban
Congkelan ban amat diperlukan supaya kita tidak mengalami kesulitan membuka ban luar ketika mengganti ban dalam yang bocor. Sebenarnya bisa aja congkelan ban itu gak dipake kalo jari kita kuat, hehehe…
3. Pompa Tangan
Setelah kita mengganti ban dalam yang bocor kita dapat memompa ban yang baru kita ganti dengan pompa tangan, memang memompa ban dengan pompa tangan cukup lama, tapi namanya juga darurat, jadi ya gak bisa sampe keras, sebenarnya sih bisa sampe keras tapi kalo kita mau sabar, hehehe…
4. Pemotong rantai
Ini amat penting, karena ketika kita masuk medan offroad otomatis beban yang diterima oleh rantai makin besar, apalagi bila kita melalui medan tanjakan, tegangan pada rantai akan semakin besar sehingga rantai rawan putus. Makanya ketika saya main offroad selalu membawa pemotong rantai untuk jaga – jaga kalo rantai putus.
5. Saddle Bag
Biasanya semua peralatan tadi saya masukkan ke dalam saddle bag, biar gak repot kalo ditaruh disaku,

0 komentar:

Copyright © 2013 My Idea and Blogger Templates - Anime OST.